CARA MENGATASI KERUSAKAN PADA TIMBANGAN DIGITAL

Cara Mengatasi Kerusakan Pada Timbangan Digital

Timbangan digital merupakan timbangan dengan sistem yang canggih dan praktis untuk digunakan namun seperti barang pada umumnya timbangan digital juga bisa mengalami error atau rusak. Hal ini dapat terjadi karena telah digunakan dalam waktu yang lama atau bisa juga karena pola penggunaan yang kurang tepat. Error atau kerusakan pada timbangan digital beragam jenisnya, mulai dari hasil penimbangan yang tidak akurat bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Karena jenis kerusakan yang biasa terjadi pada timbangan digital beragam, penanganannya pun juga memiliki berbagai cara. Berikut adalah beberapa cara dalam menangani timbangan digital yang error/rusak. 

Kesalahan Umum pada Timbangan Digital dan Cara Memperbaikinya 

Pembacaan Berat yang Tidak Stabil 

Ada saat-saat di mana angka-angka pada timbangan berkedip-kedip seolah-olah berat sedang bergerak di sekitar timbangan, bahkan setelah Anda mengatur nol pada timbangan. Masalah ini dapat semakin parah jika terjadi saat Anda sedang mengukur bahan-bahan dan harus memulai dari awal lagi. Nah, berikut ini adalah apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini. 

Bagaimana cara mengatasi masalah pembacaan yang tidak stabil pada timbangan digital? 

Pertama, pastikan timbangan digital Anda diletakkan di permukaan yang rata sebelum melakukan pengukuran. Permukaan yang tidak rata dapat menyebabkan berat berpindah selama proses pengukuran. Selain itu, periksa apakah kaki atau pegangan di bawah timbangan terpasang dengan benar atau bersih. 

Kedua, periksa baterai, masalah ini bisa menjadi tanda baterai yang sudah aus. Ganti baterai dan periksa apakah masalah tersebut masih ada. Baterai yang lemah atau aus adalah salah satu penyebab yang paling mungkin dari pembacaan timbangan yang tidak stabil. 

Lebih penting lagi, periksa apakah konektor baterai telah berkarat, karena sebagian besar konektor baterai tidak tahan air. Ikuti panduan ini saat membersihkan konektor baterai Anda. 

Pembacaan yang Tidak Akurat pada Timbangan 

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa timbangan Anda memberikan hasil yang tidak akurat, dan hal ini dapat mengacaukan seluruh resep masakan Anda, atau bahkan yang lebih buruk lagi, dapat mengakibatkan overdosis obat di laboratorium farmasi. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan: 

Cara Mengatasi Pembacaan yang Tidak Akurat pada Timbangan 

Aturan yang penting adalah meletakkan timbangan Anda di permukaan yang datar, dan pastikan juga memeriksa kaki timbangan. Kemungkinan ada karat atau kotoran, bahkan yang lebih buruk lagi, timbangan Anda mungkin bergerak saat proses penimbangan. Dalam hal ini, Anda perlu memasang pelindung karet kecil pada kaki timbangan untuk memberikan cengkaman yang lebih baik. Pastikan juga bahwa kaki timbangan terpasang dengan benar, jika memang dapat disesuaikan. 

Melakukan Kalibrasi 

Tidak semua para pengguna mengetahui kerusakan yang terjadi pada timbangan digital terutama jika pengguna tidak rutin melakukan kalibrasi. Maka kalibrasi menjadi penting dilakukan secara rutin untuk mengetahui apakah timbangan digital tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak. Cara kalibrasi pada dasarnya cukup mudah yaitu dengan memilih satu benda yang sekiranya tidak berubah beratnya dari waktu ke waktu. Misalnya batu atau kayu dengan ukuran sedang. Timbang benda tersebut dan catat dengan benar beratnya. Gunakan berat benda tersebut sebagai patokan apakah timbangan masih bekerja dengan benar atau telah berubah di kemudian hari. 

Jika Anda telah mencoba semua opsi di atas dan masalah masih berlanjut, mungkin lebih baik menghubungi produsen jika garansi mencakup kerusakan tersebut, atau toko tempat Anda membeli timbangan jika mereka memiliki kebijakan pengembalian. Karena ini bisa menjadi tanda adanya kerusakan pada mekanisme pengukuran internal. Sebagai alternatif, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli timbangan digital yang baru. 

Timbangan tidak dapat dihidupkan 

Ketika timbangan digital Anda tidak dapat dihidupkan, penyebab yang paling mungkin adalah baterai atau konektor yang rusak. Ikuti petunjuk ini untuk menyelesaikan masalah ini: 

Bagaimana cara memperbaikinya? 

Perhatikan Performa Baterai 

Jika suatu waktu timbangan digital anda tidak dapat berfungsi, jangan panik terlebih dahulu karena bisa jadi baterai timbangan tersebut habis sehingga anda harus menggantikannya dengan yang baru atau mengisi ulang (recharge) jika yang digunakan adalah jenis baterai isi ulang (rechargeable). 

Ganti baterai dan coba hidupkan kembali, jika masalah masih berlanjut, Anda perlu membersihkan konektor baterai. Untungnya, kami memiliki langkah-langkah DIY yang terperinci tentang cara membersihkan konektor baterai. 

Membersihkan konektor baterai timbangan Anda 

Proses pembersihan ini sangat mudah dilakukan; pastikan Anda memiliki kertas tisu, kain lembut atau sikat kecil, dan cuka putih murni. Berikut adalah langkah-langkahnya: 

  1. Celupkan kain kecil atau sikat ke dalam larutan cuka. 
  2. Gosoklah terminal baterai dan konektor dengan kain lembut. 
  3. Gunakan kertas tisu untuk mengeringkannya. 
  4. Biarkan kering selama 2 jam. 
  5. Lap kembali dengan kertas tisu untuk memastikan mereka benar-benar kering. 
  6. Pasang kembali baterai dan uji apakah masalah masih ada. 

Penyebab lain yang mungkin adalah tombol daya itu sendiri, pastikan tombol dalam posisi aslinya. Jika tombolnya longgar, maka itu bisa menjadi sumber masalah. Cobalah juga mengakses dan menekan tombol reset di bagian bawah timbangan digital, mungkin itu akan membantu mengurangi masalah ini. 

Masalah pada Tampilan Timbangan  

Tanpa alasan yang jelas, tampilan digital pada timbangan bisa berhenti berfungsi atau menampilkan angka yang tampak mirip dengan angka 8 dengan garis tepi. Selain itu, layar LCD bisa mengalami perubahan warna dengan bercak digital, dan gejala yang muncul bisa sangat beragam. 

Bagaimana cara mengatasi kerusakan pada tampilan? 

Penyebab yang paling mungkin adalah kerusakan akibat air, terutama jika Anda menggunakan timbangan untuk mengukur cairan. Jika terjadi tumpahan cairan pada timbangan digital Anda, segera matikan dan lepaskan baterainya. Pada beberapa model, LCD mungkin sama sekali tidak berfungsi. Selain itu, tempatkan timbangan digital Anda di tempat yang kering dan hangat. Hindari meletakkannya di bawah sinar matahari langsung karena hal tersebut dapat merusak layar tampilan cairan. Para ahli merekomendasikan untuk menaruh timbangan digital dalam kantong plastik zip lock dan menambahkan beras di dalamnya, kemudian biarkan selama 1-2 hari tergantung pada tingkat kerusakan akibat air. Setelah itu, pasang kembali baterai dan coba nyalakan timbangan. 

Penyebab lain yang mungkin adalah Anda telah mengekspos timbangan digital Anda pada suhu yang melebihi rentang suhu operasional normal. Suhu tinggi dapat merusak layar Liquid Crystal Display (LCD), dalam hal ini, tidak ada yang bisa Anda lakukan dan Anda perlu mengganti tampilan digital. Hubungi produsen Anda dan tanyakan apakah mereka dapat mengganti layar dengan biaya tertentu. Pastikan Anda mencatat rentang suhu operasional timbangan digital tersebut yang tertera dalam buku panduan 

Jadwalkan Kunjungan Service

Menggunakan Jasa Servis Timbangan Digital 

Jika kerusakan terjadi pada bagian mesin dalam, hal ini tentu tidak bisa dilakukan perbaikan secara pribadi sehingga anda harus menyerahkannya kepada ahlinya. Setelah anda secara pribadi melakukan pengecekan baterai dan kalibrasi anda tentu dapat menyimpulkan timbangan digital tersebut rusak atau tidak. Jika kemungkinan besar terjadi kerusakan, maka segera bawa ke tempat service untuk penanganan lebih cepat dan maksimal. 

Demikianlah cara mengatasi error atau kerusakan pada timbangan digital. Jika anda menemukan beberapa kendala dalam operasional timbangan digital anda jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan unit baru. Selama kerusakan tidak terlalu parah, timbangan digital tersebut masih dapat diperbaiki. 

Kami PT Intitek Presisi Integrasi menerima jasa service timbangan digital. Kami dapat mengatasi dan memberikan solusi bagi timbangan digital yang error atau kerusakan pada timbangan digital. 

Daftar isi
Hi, tim support kami ada di sini untuk menjawab kebutuhan Anda. Tanya kami apa saja!
//
HOTLINE
After-Sales Service
Available
//
Jawa Barat
BAYU SOFYAN
Available
//
Jawa Timur & Jawa Tengah
MARYOTO
Available
//
Jakarta, Banten, Sumatra & Sulawesi
ABDUL SYUKUR
Available